Chef I Kadek Sumiarta Akan Wakili Indonesia dan Asia Pasifik dalam Final Kompetisi Kuliner Dunia di Paris

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 16:00 WIB
loading...
Chef I Kadek Sumiarta...
Chef asal Apurva Kempinski Bali, I Kadek Sumiarta, tengah bersiap mengikuti kompetisi kuliner tingkat dunia, Young Talents Escoffier, di Paris pada November 2024. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Chef asal Apurva Kempinski Bali, I Kadek Sumiarta, tengah bersiap mengikuti kompetisi kuliner tingkat dunia, Young Talents Escoffier, di Paris pada November 2024. Kadek akan mewakili Indonesia sekaligus kawasan Asia Pasifik di ajang tingkat dunia tersebut.

I Kadek Sumiarta sendiri merupakan pemenang bergengsi Young Talents Escoffier untuk wilayah Indonesia pada Mei 2022 dan Asia Pasifik pada November 2022.

Young Talents Escoffier merupakan nama asosiasi yang didirikan pada 1954 untuk menghormati warisan Auguste Escoffier, seorang koki legendaris, penulis kuliner, dan pionir dalam industri santapan mewah. Saat ini, asosiasi tersebut memiliki lebih dari 30.000 anggota yang terdiri atas para koki dan profesional di bidang kuliner dari 30 negara.

Adapun kompetisi Young Talents Escoffier bertujuan untuk memupuk regenerasi praktisi kuliner. Terbuka untuk ahli kuliner di bawah usia 25 tahun, kompetisi ini menantang para profesional muda untuk mempelajari warisan Escoffier sambil mendorong batas-batas kreativitas dan ketepatan teknik.

Memenangkan kompetisi ini merupakan pencapaian besar bagi setiap koki muda, karena menawarkan kesempatan untuk bertemu dengan koki terkenal, jurnalis, dan pakar makanan, serta peluang untuk pertumbuhan pribadi dan jaringan internasional.

Untuk mengikuti kompetisi ini, Kadek dibimbing langsung oleh Chef Meilleur Ouvrier de France Cuisine, Jean-Yves Leuranguer, yang pernah meraih salah satu penghargaan tertinggi untuk para pakar kuliner, serta Chef Ho Weng Kit yang telah memenangkan lebih dari tiga puluh penghargaan bergengsi di Asia maupun Eropa.

Kadek bertekad merebut gelar di ajang Young Talents Escoffier. Dia saat ini fokus pada persiapan dan menyempurnakan setiap detail masakannya.

Saat bersaing memperebutkan gelar juara di Paris, Kadek akan menonjolkan cita rasa dan semangat Indonesia ke kancah kuliner global, meneruskan warisan Escoffier dengan caranya yang unik. Ia berencana menghadirkan perspektif unik dengan memasukkan bahan-bahan Indonesia ke dalam kreasinya.

“Saya sangat bersemangat untuk mewakili Indonesia di platform global yang bergengsi ini,” ujar Kadek.

Perjalanan Kadek sebagai seniman kuliner muda asal Bali hingga menjadi chef yang diakui dunia internasional diwarnai dengan kedisiplinan, ketekunan, kreativitas, dan kemauan untuk terus belajar hingga sukses.

"Semangat dan kreativitas Kadek di dapur sungguh luar biasa. Merupakan kehormatan untuk membimbingnya bersama Chef Jean-Yves dan Chef Kit. Kami sangat senang melihatnya mewakili resor dan wilayah kami di Paris. Kami yakin dia akan terus unggul," kata Yoann Mathy, Executive Chef The Apurva Kempinski Bali.

“Kami bangga dengan pencapaian Kadek dan perjalanannya dari Bali mewakili Indonesia di kancah dunia. Prestasi tersebut mencerminkan keunggulan yang kami perjuangkan di The Apurva Kempinski Bali. Kami yakin ia akan memberikan dampak yang besar di Paris,” timpal Vincent Guironnet, General Manager The Apurva Kempinski Bali.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)